ABC

Kapal Induk AS dengan 5.500 Kru Berlabuh di Brisbane

Berbagai klub, pub dan operator pariwisata di dan sekitar ibukota Queensland, Brisbane sedang mempersiapkan akhir pekan yang akan penuh kesibukan menyusul tibanya kapal induk AS USS Geoge Washington yang membawa 5500 awak.

Para awak tersebut akan menghabiskkan empat hari di Queensland.

Selain menghabiskan waktu untuk kegiatan pribadi, para awak ini juga akan mengikuti beberapa kegiatan komunitas seperti mengunjungi pasien di Rumah Sakit Anak-anak Queensland, Museum Maritim dan juga Taman Satwa Koala Lone Pine.

Kapal induk USS George Washington akan berada di Brisbane selama empat hari. (AAP: Dan Peeled)
Kapal induk USS George Washington akan berada di Brisbane selama empat hari. (AAP: Dan Peeled)

Mereka juga akan terlibat dalam pertandingan sepakbola dan bola basket dengan Polisi Queensland dan petugas bantuan darurat.

Bagi para awak USS George Washington ini, libur empat hari ini diberikan karena mereka kemudian akan bergerak ke Darwin untuk terlibat dalam Latihan Militer bersama Talisman Saber bulan depan.

USS George Washington

  • Diluncurkan:  4 Jui 1992
  • Kekuatan mesin: Memiliki dua reaktor nuklir yang memungkinkan kapal bergerak selama 18 tahun tanpa harus mengisi bahan bakar.
  • Makanan Dihidangkan Setiap hari; 18.000
  • Jumlah ruangan:  3.360
  • Jumlah telepon: 2.000
  • Kapasitas sistem pendingin udara: 3.267 ton
  • Kapasitas harian penyaring air bersih: 1,5 juta liter, cukup untuk memasok 2.000 juara.

Latihan ini akan melibatkan 33 ribu personel Amerika Serikat dan Australia dalam operasi di dekat Darwin, Rockhampton, dan daerah maritim Laut Coral.

Kapal induk yang digerakkan dengan tenaga nuklir tersebut panjangnya 74,4 meter di bagian atas dengan tinggi setinggi gedung 24 tingkat, dan di bagian bawah panjangnya 333 meter.

Kapal ini memiliki sebuah fasilitas yang biasanya dimiliki oleh sebuah kota, seperti perpustakaan, fasilitas gym, toko, salon, fasilitas medis, dan departemen pemadam kebakaran.

Di kapal ini setiap hari dipersiapkan makanan 18 ribu porsi.

USS George Washington ini akan terlibat dalam Latihan bersama Talisman Saber bulan Juli. (ABC News: Andree Withey)
USS George Washington ini akan terlibat dalam Latihan bersama Talisman Saber bulan Juli. (ABC News: Andree Withey)