ABC

Sepekan Ini Canberra Sangat Dingin, Suhu Mencapai Minus 7 Derajat

Memasuki musim dingin 2015, suhu di ibukota Australia Canberra turun sampai ke minus 7 derajat Celcius hari Selasa (2/6/2015) pagi, suhu yang hampir sama dengan di resor ski ratusan kilometer jauhnya di Snowy Mountains.

Sean Carson dari Biro Meteorologi mengatakan suhu mencapai minus 7 derajat sekitar pukul 7.20 pagi.

"Suhunya sangat dingin. Bahkan ini sama dinginnya seperti di puncak Thredbo atau Perisher (dua kawasan ski paling terkenal di Australia). Semua orang merasakannya di Canberra," kata Carson.

"Alat pembuat salju sekarang sibuk digerakkan di Perisher pagi ini, karena mereka terus menambah salju untuk memperbanyak salju alami yang sudah turun kemarin, sebagai persiapan bagi musim ski resmi akhir pekan ini," tambah Carson.

Kaca mobil yang membeku di Canberra di hari kedua musim dingin di Australia.(Supplied: Millie Lawrence)
Kaca mobil yang membeku di Canberra di hari kedua musim dingin di Australia.(Supplied: Millie Lawrence)

 

Suhu sudah mencapai minus 6,8 derajat Celcius sekitar pukul 3:30 pagi, dengan suhu dingin terus berlanjut sampai matahari terbit.

"Semula saya menduga suhu bisa mencapai rekor minus 10, namun ternyata belum," kata Carson.

Kemarin, salju sekitar 20 sentimeter turun di kawasan resor ski di New South Wales, dan juga di kawasan Canberra lainnya.

Menurut Carson, suhu dingin ini akan terus berlanjut di Canberra sepanjang minggu ini.

"Pagi yang membeku masih berlanjut, malam ini paling sedikit minus lima, dan kemudian, mungkin masih akan lebih dingin lagi," jelasnya.