ABC

Tiga Musisi Asal Indonesia Tampil di Festival Jazz Castlemaine

Tiga musisi jazz asal Indonesia yang sekarang bermukim di Melbourne, Ade Ishs, Agus Barata dan Antonius Tobing akan tampil dalam Festival Jazz Castlemaine di akhir pekan (5-7 Juni 2015). Ketiganya akan tampil bersama kelompok musik masing-masing.

Castlemaine adalah sebuah kota kecil sekitar 126 km dari ibukota negara bagian Victoria Melbourne dan Festival Jazz ini diselenggarakan untuk tahun kedua.

Penyelenggaraannya akan dilangsungkan di berbagai venus di seputar kota yang memiliki 10 ribu penduduk tersebut dari hari Jumat sampai hari Minggu (5-7 Juni).

Akhir pekan ini di berbagai bagian Australia akan dilangsungkan banyak kegiatan, karena hari Senin (8/6) adalah hari libur nasional guna memperingati ulang tahun Ratu Elizabeth II

Ade Ishs (dua dari kanan) bersama kelompoknya The Ishs/Allen Project.
Ade Ishs (dua dari kanan) bersama kelompoknya The Ishs/Allen Project.

 

Dari tiga musisi tersebut, Ade Ishs akan tampil paling banyak karena dia akan bermain bersama empat kelompok jazz berbeda.

Dalam keterangannya kepada wartawan ABC Australia Plus Indonesia L. Sastra Wijaya, Ade yang bermain piano/keyboard itu mengatakan dua diantara kelompok musik tersebut adalah kelompoknya sendiri.

"Dua diantaranya adalah kelompok yang saya pimpin yaitu Ade Ishs trio dimana kami memainkan lagu-lagu ciptaan saya sendiri dan The Ishs/Allen Project yang dipimpin bersama Chelsea Allen juga memainkan lagu-lagu ciptaan kami sendiri." kata Ade.

"Lalu dua lagi Ozark dan The Jon Magill Undectet. Untuk setiap band, saya akan tampil sekitar dua jam. jadi totalnya saya akan tampil 8 jam di Castlemaine. Ozark akan memainkan lagu ciptaan musisi jazz Amerika Pat Metheny dan Lyle Mays. The Jon Magill Undectet akan memainkan karya komponis jazz kontemporer seperti John Daversa, Russel Ferrante, dan lain-lain termasuk karya saya sendiri." lanjut Ade Ishs.

Menurutnya Festival Jazz Castlemaine ini semakin populer sebagai festival memperluas jangkauan bagi pencinta musik jazz di kawasan regional Victoria.

"Saya tahun lalu juga tampil di sana. Saya senang dengan penonton dan apresiasi yang mereka berikan. Makanya tahun ini kami tampil lagi di sana."

Agus Batara (dua dari kanan) bersama kelompoknya BLT.
Agus Batara (dua dari kanan) bersama kelompoknya BLT.

 

Selain Ade Ishs, musisi asal Indonesia yang akan tampil di Castlemaine adalah Agus Batara yang akan tampil dengan dengan kelompoknya bernama BLT. Agus juga bermain keyboard.

Dalam keterangan resminya di situs festival, BLT disebutkan sebagai kelompok band instrumental funky yang dibentuk di awal tahun 2014. Mereka memainkan musik-musik 'dirty' funk yang terinspirasi oleh band asal Boston Lettuce atau juga memainkan 'jazz smooth' dari pemusik seperti Ronny Jordan, atau bahkan musik jazz lebih 'canggih' yang dimainkan oleh band asal Perancis, Electro Deluxe.

Antonius Tobing (kiri) bersama kelompoknya Black Pearl.
Antonius Tobing (kiri) bersama kelompoknya Black Pearl.

 

Sementara itu musisi Indonesia lainnya Antonius Tobing akan tampil bersama dengan kelompok Black Pearl. Di kelompok ini Antonius memainkan bass.