ABC

Kota Melbourne Pindahkan Gembok Cinta dari Sebuah Jembatan

Ribuan gembok kunci yang dikenal sebagai love locks yang dipasang di tali jembatan di tengah Kota Melbourne kini akan dipindahkan dengan alasan keamanan. Kunci-kunci itu dikenal sebagai "kunci cinta".

Sejak tiga tahun lalu, jembatan di atas Sungai Yarra di daerah Southgate itu, menjadi tempat bagi pasangan yang lagi jatuh cinta atau sedang rindu untuk memasang love locks.

Gembok kunci tersebut biasanya memuat inisial nama pasangan yang lagi kasmaran lengkap dengan tanggalnya. Ada juga yang berisi komitmen untuk saling mencintai atau sekadar pernyataan cinta, yang kadang menggebu-gebu.

Menurut pengamatan ABC, biasanya jembatan itu ramai dipasangi love locks pada Valentine's Day.

Love locks di Jembatan Southgate di Kota Melbourne. (Foto: ABC/Mark Doman).
Love locks di Jembatan Southgate di Kota Melbourne. (Foto: ABC/Mark Doman).

 

Namun, kini Pemerintah Kota Melbourne mengeluarkan pernyataan yang tentu saja bisa membuat sedih para pencinta yang pernah memasang love locks di sana.

Pemerintah berdalih, tali-tali jembatan yang terbuat dari kabel baja telah terbebani berlebihan sehingga bisa membahayakan.

"Kami terpaksa harus membongkar jembatan itu dan memasang lagi tali pengaman, jadi sudah waktunya gembok-gembok itu dipindanhkan," kata Walikota Melbourne Robert Doyle, Senin (18/5/2015).

Walikota Doyle membantah love locks itu telah menjadi salah satu daya tarik kota untuk para turis.

"Yang saya tahu Kota Paris pun sudah bosan dengan love locks ini padahal di sana ini semua bermula," katanya.

"Di Melbourne sendiri sudah sejak tiga tahun lamanya – dan di New York pemerintah kotanya hanya memberi pemberitahuan tiga menit sebelum membuang kunci-kunci seperti itu," jelas Walikota Doyle.

Love locks akan dipindahkan pekan ini. (Foto: ABC/Mark Doman).
Love locks akan dipindahkan pekan ini. (Foto: ABC/Mark Doman).

 

Ia mengatakan para pekerja akan mulai membongkar tali-tali tersebut hari Selasa (19/5/2015).

"Jika ada yang punya usul menarik mengenai apa yang harus dilakukan dengan sekitar 20 ribu mata kunci ini, saya ingin mendengarnya," katanya.

Walikota Doyle menambahkan sekitar 40 ribu kunci lainnya telah dibuang orang ke dalam Sungai Yarra.