ABC

Mantan Anggota Parlemen Queensland Didakwa Perkara Penipuan

Scott Driscoll, mantan anggota parlemen dari Partai Liberal National di Queensland, Australia, akan menjalani sidang dengan tuduhan melakukan 16 tindak penipuan ketika masih menjadi anggota parlemen.

Driscoll dihadapkan ke Pengadilan Magistrat Brisbane hari Senin (18/5/2015) dengan tuduhan berusaha mendapatkan komisi rahasia, melakukan penipuan, dan berusaha memalsukan dokumen.

Dituduhkan bahwa antara bulan Agustus 2011 sampai Mei 2013, Driscoll melakukan tindak penyalahgunaan senilai $ 725 ribu (sekitar Rp 7 miliar).

Driscoll mundur dari jabatan sebagai anggota parlemen November, 2013. AAP: Dan Peled
Driscoll mundur dari jabatan sebagai anggota parlemen November, 2013. AAP: Dan Peled

 

Juga disebutkan bahwa Driscoll berusaha mendapatkan uang komisi dari dua urusan berbeda senilai $ 400 ribu (sekitar Rp 4 miliar) namun tidak pernah menerima uang tersebut.

Menurut pengacara Driscoll, kliennya sudah diberitahu bahwa sidang akan dilakukan karena sudah ada cukup bukti bagi berbagai pelanggaran tersebut.

Disebutkan, lebih dari 60 pernyataan dari saksi sudah dilampirkan.

Ketika ditanya oleh Magistrat, apakah dia mau memberikan komentar, Driscoll menjawab "Tidak. Terima kasih, Yang Mulia."

Driscoll memenangkan kursi di daerah pemilihan Redcliffe di tahun 2012, namun kemudian menjadi anggota parlemen independen setelah partainya, Liberal Nasional, tidak lagi mempercayainya pada bulan Maret 2013.

Driscoll kemudian mengundurkan diri sebagai wakil rakyat dari daerah pemilihan Redcliffe, yang terletak di utara Brisbane, pada bulan November 2013 dengan alasan kesehatan.