ABC

Begini Cara Petani Australia Dorong Konsumen Pilih Produk Lokal

Untuk mendorong konsumen agar mengutamakan produk makanan lokal, Federasi Petani Australia Barat meluncurkan aplikasi yang dapat mengungkapkan negara asal dari berbagai produk yang dijajakan di supermarket.

Federasi Petani Australia Barat mengembangkan aplikasi QR code yang dapat mengungkapkan negara asal dari produk makanan.

 

AgConnectWA, lembaga sayap dari Federasi Petani Australia Barat berhasil menyusun barcode untuk ditempatkan di rak-rak supermarket di samping berbagai produk makanan seperti daging sapi, domba, susu maupun berbagai kue dan roti.
 
Jika dipindai dengan menggunakan ponsel pintar, barcode itu dapat memberikan informasi mengenai negara asal yang memproduksi produk tersebut,  proses produksi, cerita rinci dan harga di tingkat petani juga tersedia untuk produsen Australia Barat.
 
Aplikasi ini memanfaatkan kemampuan umum ponsel pintar untuk memindai barkode respon cepat atau QR barcode.
 
Aplikasi ini diluncurkan untuk merespon desakan diperketatnya pelabelan makanan di Australia menyusul kasus merebaknya wabah Hepatitis A, yang diduga terkait dengan buah beku yang diimpor.
 
Presiden AgConnectWA,  Kallum Blake mengatakan konsumen layak mendapatkan transparansi dari produk yang mereka beli.
 
"Di kota maupun di desa, orang banyak yang tidak mengetahui darimana produk yang mereka beli berasal,' kata Blake.
 
"Kita memproduksi barang-barang berkualitas tinggi di Australia dan ditujukan untuk konsumen dalam negeri, mereka perlu mengetahui dan memahami mengapa produk yang dibuat didalam negeri bisa lebih mahal dibandingkan dengan produk impor," tambahnya.
 
Blake mengatakan harga yang tinggi mencerminkan biaya pegawai yang tinggi tapi juga kualitas permium dari produk-produk Australia. Proyek ini didasarkan pada ide yang diusulkan oleh Tiffany Davey dari Australia Barat dalam forum Heywire Summit ABC tahun 2013.
 
Inisiatif ini akan diluncurkan di sebuah supermarket di Mandurah, Rabu mendatang.
 
AgConnectWA berharap dapat memperluas barkode-barkode itu ke tingkat nasional dan melibatkan produk hortikultura setelah melewati masa ujicoba.
 
Inisiatif aplikasi ini disambut baik oleh senator Partai Hijau, Rachel Siewert.
 
"Akses yang sangat mudah seperti ini untuk mengetahui negara asal dair produk daging sapi, domba dan susu akan dapat meningkatkan kepercayaan dan hubungan yang kuat antara konsumen dengan produk-produk yang mereka konsumsi," katanya.
 
"Warga Australia berhak mengetahui darimana makanan mereka berasal dan  inovasi ini sangat membantu mereka memperoleh informasi itu,'
 
Siewert bahkan menghendaki agar pencantuman label negara asal di semua produk di Australia diatur berdasarkan UU.
 
"Warga Australia tidak hanya ingin mengetahui siapa petani mereka dan membeli produk langsung dari petani lokal, tapi Australia juga telah menciptakan sektor rantai makanan yang sangat terpusat di dunia," katanya.
 
Inisiatif ini sebagian didanai oleh Dana Inovasi Remaja, dari Yayasan Pertanian dan Pembaruan Regional (Foundation for Rural and Regional Renewal)  ABC. Heywire Youth Innovation Grant.