ABC

Lewis Hamilton Juarai Grand Prix F-1 Australia 2015

Pembalap FI nomor satu dunia, Lewis Hamilton berhasil menjuarai Grand Prix Australia 2015 setelah memulai start di urutan terdepan di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Minggu pagi, 15 Maret 2015. 

Lewis Hamilton merayakan kemenangannya dalam Grand Prix Australia 2015.
 
 
Hamilton, memimpin sejak lap pertama hingga terakhir dan bersaing ketat dengan rekan satu timnya dari Mercedes Benz, Nico Rosberg serta mantan juara dunia,  Sebastian Vettel dari Ferrari untuk mencapai posisi pertama.
 
Kemenangan ini mengulan kesuksesan Hamilton sebelumnya yang pernah memenangi Grand Prix Australia di Melbourne tahun 2008 lalu.
 
Sementara pembalap Lokal favourite, Daniel Ricciardo berhasil melampaui pekan sulitnya dengan menempati urutan keenam dari kejuaraan yang diikuti oleh 15 pembalap dengan 4 diantaranya menempati DNFs.
 
Sempat terjadi drama menegangkan pada putaran pertama balapan ini ketika pembalap dari tim Lotus,  Pastor Maldonado terpental keluar dan menabrak papan penghalang setelah melewati tikungan pertama. Maldonado terpaksa keluar dan tidak melanjutkan balapannya sehingga balapan hanya diikuti oleh 14 pembalap.
 
Rekan satu timnya dari Lotus, Romain Grosjean juga tersingkir dari turnamen ini setelah terpaksa digiring masuk ke pit karena mengalami gangguan teknis.
 
Hamilton memulai balapan ini dengan menempati posisi terdepan diikuti Rosberg, namun pembalap dari tim Williams, Valtteri Bottas keluar dari turnamen ini karena mengalami cedera punggung.
 
Ketidakhadiran Bottas yang sempat menempati urutan ke-6 tercepat dalam babak kualifikasi, memberi peluang bagi pembalap nomor satu dari tim Red Bull, Ricciardo naik ke posisi 6 dalam urutan start.
 
Namun Ricciardo adalah satu-satunya pembalap Red Bull yang ikut bertanding di landasan setelah rekan satu timnya dari Rusia, Daniil Kvyat absen karena masalah gearbox.
 
Sementara pembalap McLaren, Kevin Magnussen, yang dimaksudkan untuk menggantikan Fernando Alonso untuk Grand Prix Melbourne, juga batal tampil karena mobilnya mengalami masalah di mesin pada pertandingan pemanasan.
 
Tim F-1 Manor yang juga mengalami masalah Marussia sehingga tidak ikut dalam balapan ini setelah gagal menyiapkan mobil formula 1 mereka pada babak kualifikasi karena masalah pada peranti lunak (software) pada sistem komputer.
 
Sedangkan rekan satu tim dari Lotus, Romain Grosjean juga gagal bertanding karena roda mobilnya terpaksa masuk pit pada putaran kedua.
 
Lewis Hamilton sejak putaran pertama bersaing ketat dengan rekan satu tim-nya di Mercedes Benz, Nico Rosberg.