ABC

Queanbeyan, Tetangga Canberra Inspirasi Duo Rapper Perempuan Australia

Duo rap perempuan asal Australia, ‘Coda Conduct’, membawakan rap komedi yang coba membanding-bandingkan kota Queanbeyan, tetangga Canberra, dengan ibukota Australia itu dalam sebuah acara di radio nasional.

Sally Coleman, 23 tahun, dan Erica Mallet, 22 tahun, melakukan rap di sebuah acara radio nasional, mereka bercerita tentang kota di selatan New South Wales, yang terletak di luar Canberra.

Di antara topik yang dibahas dalam rap mereka adalah ramalan cuaca kota ini.

"Kami sedang menikmati hari yang cerah dan cuaca yang bersahabat, dan tak perlu memakai kaos kaki dan sandal. Tapi ada info, mau tahu? Ini sama dengan cuaca di Canberra. Oh Queanbeyan, kota peniru. Menyalin prakiraan cuaca kami, mendapatkannya gratis. Tapi itu tak mengejutkan, karena pada dasarnya kota ini bagian dari Wilayah Ibukota Australia (ACT)," begitu bunyi lirik rap mereka.

Erica Mallet (kiri) dan Sally Coleman (kanan) menampilkan rap yang bercerita soal kota Queanbeyan, tetangga Canberra yang sering dibanding-bandingkan dengan ibukota ini. (Foto: dokumentasi pribadi)

Lirik rap itu juga membidik kehidupan seni Queanbeyan dan menyebut penyair serta penyanyi rap asli kota itu- Omar Musa.

"Queanbeyan, punya satu rumah sakit, dua SMA, kolam renang indoor, setidaknya enam taman, Red Rooster, Riverside Plaza dan Omar Musa. Canberra, kita punya jalur kereta dan pemandangan yang jauh lebih baik dengan adanya balon udara Skywhale. Sementara kita punya itu, Queanbeyan punya siput raksasa," lanjut lirik rap tersebut.

Tapi duo ‘Coda Conduct’ mengatakan, mereka berpikir bahwa Queanbeyan masih bisa memenangkan hati orang-orang yang bepergian, dengan jumlah restoran takeaway (menjual makanan yg bisa dibawa pulang) yang berlebih.

"Tapi lupakan saja perkataan orang-orang yang benci, saya pikir kota ini luar biasa, yang punya jalan utama dengan lima jenis restoran ‘takeaway’," sambung lirik itu.

Warga Queanbeyan di Riverside Plaza suka rap lucu ini dan menulis komentar di halaman Facebook duo itu: "Kami menyukainya. Meskipun tak banyak memakai kaus kaki dan sandal minggu ini, mungkin mereka semua berjalan melintasi perbatasan."

'Queanbeyan bukanlah tempat yang buruk'

"Kami diminta oleh penyiar radio apakah kami mau melakukan rap tentang cuaca dan mereka bilang 'Ok kalian berdua coba rap tentang Queanbeyan'," ujar Sally.

"Jadi tak banyak yang bisa kami katakan, tapi saya pikir rap-nya cukup baik,” tambahnya.

Tapi Sally mengutarakan, meski ada persaingan yang sehat, Queanbeyan bukanlah tempat yang buruk untuk ditinggali.

"Saya pasti akan membandingkan Queanbeyan dan Canberra dengan hubungan antara Australia dan Selandia Baru. Sangat konyol, hampir seperti hubungan saudara, ada banyak upaya untuk menggoda yang berlangsung dua arah, tetapi pada akhirnya masih saling sayang,” tutur Sally.

Duo ini sama-sama dibesarkan di selatan Canberra, tepatnya Sally di daerah Garran dan Erica di daerah Hughes.

"Kami tinggal berdekatan satu sama lain, selama sekitar 20 tahun, dan tak pernah berjumpa," aku Erica.

Tapi Sally mengatakan, mereka baru bertemu di India pada tahun 2012.

"Saya tinggal di Sydney dan Erica pindah kembali ke Canberra, sehingga di 2 tahun pertamanya, ‘Coda Conduct’ terbelah antara dua kota,” katanya.