ABC

Anak Belum Imunisasi akan Dipersulit Masuk Tempat Penitipan Anak

Pemerintah Queensland akan mendesak UU yang akan membolehkan pengelola rumah penitipan anak (daycare) untuk menolak anak yang belum diimuniasasi.

Pemerintah Queensland mempertimbangkan akan menggunakan jalur hukum untuk mendorong kesadaran orang tua memvaksinasi anak-anak mereka.

 

Menteri Kesehatan Queensland, Cameron Dick mengatakan tingkat imunisasi anak-anak di  Queensland selama triwulan terakhir tahun 2014 hanya 92 persen, angka ini kurang dari target pemerintah sebanyak 95 persen.

"Kita perlu berbuat lebih untuk mencapai target vaksinasi 95 persen per tri wulannya,' katanya.

"Apa yang kita lakukan adalah hendak memperkuat sistem yang memungkinkan lembaga penitipan anak diberikan izin untuk memutuskan bagaimana dan atas dasar apa anak-anak boleh didaftarkan di lembaga penitipan mereka,"
 
Dick mengatakan UU semacam itu dapat membantu meningkatkan pencapaian target imunisasi anak dengan mendorong orang tua untuk memvaksinasi anak-anaknya.
 
"Imunisasi sama pentingnya dengan pendidikan dan karenanya kita harus bersikap tegas karena kita harus mendorong orang untuk bersama-sama mencapai target imuniasi itu dan pendekatan inilah yang hendak saya adopsi," katanya.
 
"Beberapa orang tua sengaja tidak melakukan [vaksinasi], beberapa orang tua mungkin tidak memiliki informasi, ada juga yang mungkin tidak sempat dan mungkin sudah lupa tentang hal itu – mudah-mudahan aturan ini dapat menjadi pemicu … di masyarakat di mana orang bisa mengatakan 'vaksinasi, itu bagian dari pendaftaran – saya akan memvaksinasi putra atau putrisaya' ".
 
Dick mengatakan Pemerintah Negara akan berkonsultasi dengan masyarakat sebelum mengambil tagihan ke Parlemen.
 
Dia mengatakan ada menyelenggarakan banyak diskusi tentang imunisasi di masyarakat.
 
"Ilmu pengetahuan saat ini sangat jelas – vaksinasi tidak menyebabkan autisme, alergi ataupun asma dan tidak juga melemahkan sistem imun tubuh anak-anak. Reaksi vaksinasi pada anak-anak umumnya hanya ringan dan sementara,"
 
Namun demikian gagasan dinilai tidak akan efektif oleh oposisi. Sementara sejumlah pengelola tempat penitipan anak mengaku imunisasi akan memungkinkan mereka melakukan upaya perlindungan agar anak-anak yang mereka rawat agar tidak tertular campak atau cacar dan orang tua juga menjadi lebih sadar untuk mengimunisasi anak-anak mereka,."