ABC

Ditemukan 140 Ekor Binatang Dalam Sebuah Rumah di Canberra

Di dalam sebuah rumah di Canberra Selatan ditemukan sekitar 140 binatang peliharaan termasuk ayam, bebek, tikus, kelinci dan guinea pigs dimana penghuninya dipekirakan memiliki kelainan psikologis sebagai pengumpul binatang.

Sebuahn LSM penyayang binatang Australia, RSPCA  mengatakan hampir semua binatang yang disita itu sedang bunting.

Direktur Eksekutif RSPCA Tammy Ven Dange setelah diadakan penghitungan menyeluruh terhadap 137 binatang di rumah tersebut.

Binatang seperti bebek, angsa dan ayam ditemukan dalam rumah yang berisi juga banyak binatang lain. (Twitter: Tammy Ven Dange, RSPCA)

"Ketika tempat penampungan kami menerima begitu banyak binatang sekaligus, diperlukan banyak orang untuk memproses mereka." katanya.

"Kami mengirimkan empat truk dan membawa seluruh binatang itu kembali, dan harus dicek satu per satu dan didokumentasikan."

"Jadi staf kami bekerja sampai larut malam untuk memastikan semua binatang ini dalam keadaan terpelihara." lanjut Ven Dange.

RSPCA sekarang menghendaki adanya aturan untuk membatasi berapa jumlah binatang yang boleh dimiliki seseoran di dalam rumah.

Sejauh ini, hanya untuk anjing dan kucing saja yang ada pembatasannya.

"Jadi kalau ada orang yang suka memelihara bintang kecil seperti kelinci, tikus ataupun bahkan ayam atau bebek, tidak ada peraturan untuk membatasinya."

"Jadi ketika kami kemudian diminta campur tangan, biasanya keadaannya sudah diluar kendali."

Kebanyakan dari binatang yang disita ini akan bisa diadopsi dalam beberapa minggu mendatang.

Dua minggu lalu, RSPCA juga diiminta menangani kasus lainya dimana sekitar 20 burung ditemukan mati dalam kurungan juga di Canberra.