ABC

Perancang Dunia Gaultier Tutup Pamerannya di Melbourne

Melbourne menjadi satu-satunya tuan rumah pameran yang menampilkan hasil karya perancang Jean Paul Gaultier di Australia. Pameran yang sudah berlangsung sejak 17 Oktober 2014, resmi ditutup pada akhir pekan kemarin (8/2/2015).

Pameran bertajuk The Fashion World of Jean Paul Gaultier: From the Sidewalks to the Catwalk menampilkan lebih dari 140 hasil karya Gaultier.

National Gallery of Victoria (NGV), yang terletak di St Kilda Road, Melbourne, menjadi tempat berlangsungnya pameran.

Dalam pameran ini, beberapa hasil karyanya yang ditampilkan pernah digunakan oleh sejumlah diva dunia saat tampil di atas panggung, seperti Madonna, Kylie Minogue, dan Beyonce.

Suasana pameran Gaultier yang digelar di National Gallery of Victoria, Melbourne. Foto: ABC International, Clement Paligaru.

Beberapa foto-foto dari majalah dan yang pernah menampilkan hasil rancangan Gaultier juga ikut dipamerkan.

Pameran ini merupakan pameran internasional pertama yang dibuat oleh Gaultier.

"Saya merasa sangat terhormat dan tersanjung karena pameran saya bisa ke Australia dan senanng sekali bisa kembali ke negara yang pernah saya kunjungi beberapa tahun lalu," ujar Gaultier, seperti yang dikutip dari situs National Gallery of Victoria.

Gaun berpotongan korset yang dipopulerkan oleh Gaultier, pernah dipakai Madonna. Foto: ABC International, Clement Paligaru.

Gaultier juga merasa dekat dengan Australia. Karena Kylie Minogue, ratu pop asal Australia, adalah klien pertama Gaultier.

"Kylie adalah teman baik saya dan selalu senang bisa bekerja bersama saat ia menggelar turnya," kata Gaultier.

Gaultier yang dilahirkan di Paris, tahun 1952, banyak terinspirasi dari kecantikan kota Paris yang digabungkan dengan gaya rock jalanan kota London.

Gaya rancangan Gaultier yang banyak terinspirasi dari gaya rock jalanan kota London. Foto: ABC International, Clement Paligaru.

Sebelum memulai labelnya sendiri, Gaultier pernah bekerja untuk desainer Pierre Cardin selama empat tahun.

Neneknya yang sering menceritakan kisah-kisah di masa perang, membuat gaya rancangan pakaiannya yang berkesan maskulin pada gaun-gaun wanita.

Tidak hanya pameran, NGV juga menggelar sejumlah kegiatan-kegiatan edukasi bagi para pelajar soal rancangan Gaultier.

Misalnya, pelatihan membuat t-shirt, mengenal dunia fesyen, mempelajari jenis-jenis kain, dan penggunaan teknologi untuk invoasi desain dan tekstil.