ABC

Pemerintah Australia Akan Hapus Cuti Persalinan Berbayar

Tony Abbott memanfaatkan pidato pentingnya di ‘National Press Club’ Australia untuk menanggapi perdebatan anggaran dan mengkonfirmasi bahwa pemerintahannya akan menghapus skema cuti persalinan berbayar, yang menelan jutaan dolar.

Dalam pidato tersebut, Perdana Menteri Australia ini juga menyampaikan pesan kepada para kritikus di dalam tubuh Koalisi. 

Pidato itu adalah pidato resmi pertamanya di ‘National Press Club’ sejak memenangkan pemilu 16 bulan yang lalu. Di situ, sang Perdana Menteri mengatakan bahwa ia akan menghapus kebijakan cuti persalinan (dan pengasuhan anak) berbayar yang dulu dibuatnya, dan tak mau berkomentar tentang proses seleksi penghargaan ‘Order of Australia’.

Perdana Menteri Australia, Tony Abbott, berbicara di ‘National Press Club’.

Di Australia, cuti persalinan (dan pengasuhan anak) termasuk cuti melahirkan, cuti bagi ayah, cuti adopsi, dan cuti persalinan spesial.

Ia juga menunjukkan bahwa rumah tangga di Australia akan terlindung dari derita pemotongan anggaran dalam pengajuan anggaran Pemerintah bulan Mei, ketika kebijakan ‘keluarga’ yang baru akan diumumkan.

Pidato di ‘National Press Club’ Canberra dipandang sebagai upaya untuk menopang kepemimpinan Abbott dan menyeting ulang agenda Pemerintah, di saat Koalisi bergulat dengan kekalahan telak dalam Pemilu Queensland dan hasil survei kinerja sang Perdana Menteri yang buruk.

PM Abbott mengatakan, kelompok Koalisi dipilih masyarakat sebagai penolakan terhadap "kekacauan" dalam kepemimpinan Partai Buruh dari zaman Kevin Rudd hingga Julia Gillard.

"Dan kami tak akan membawa mereka kembali ke dalam kekacauan itu," ucapnya.

Ia menerangkan, warga Australia "Layak mendapat perbaikan anggaran, tak ada pengembalian pajak karbon, tak ada penyelundupan manusia dan tak ada pertikaian."

Dan secara signifikan, ia menindikasikan bahwa anggaran kedua pemerintah, yang jatuh pada bulan Mei, tak akan memukul kondisi keuangan rumah tangga Australia.

"Fokus Anggaran Pemerintah akan terletak pada upaya memperkuat perekonomian," utaranya.

Ia menyambung, "Karena kita sudah banyak kerja keras, kita tak perlu untuk melindungi anggaran Persemakmuran dengan mengorbankan anggaran rumah tangga."

Ia mengatakan, cara yang "baik" untuk menempatkan anggaran kembali pada kondisi surplus adalah untuk tidak "membuat komitmen pengeluaran baru yang tak perlu", tetapi fokus pada pengeluaran untuk meningkatkan jumlah angkatan kerja.

"Pertumbuhan ekonomi adalah cara yang terbaik dan tercepat untuk mengembalikan surplus," kemukanya.

PM Abbott menggunakan pidato itu untuk mengkonfirmasi bahwa pemerintahannya akan menghapus skema cuti persalinan berbayar yang menelan jutaan dolar, yang memungkinkan para pekerja perempuan dibayar upah penuh selama enam bulan cuti, sampai batas gaji sebesar 100.000 dolar.

"Saya mengakui bahwa apa yang diinginkan tak selalu bisa dilakukan terutama di saat-saat yang sulit dan dengan kondisi anggaran yang ketat," kata Abbott.

"Kami meminta nasehat dari Komisi Produktivitas dan saya telah mendengarkan masukan dari rekan-rekan saya dan dari para ibu serta ayah di Australia – dan mereka mengatakan bahwa, dengan keterbatasan anggaran kami saat ini, fokus yang lebih baik, jika kita menginginkan partisipasi yang lebih tinggi dan ekonomi yang lebih kuat, adalah pada bidang pengasuhan anak.

Pemerintah akan mengembangkan paket "keluarga" baru dengan penekanan pada semakin banyaknya dana yang dilimpahkan dalam bidang pengasuhan anak, hingga pengajuan anggaran bulan Mei.