Buka Dapur Endeus TV X BINUS TV Sukses digelar untuk Pertama Kalinya di Kampus BINUS University @Bekasi

Smart Viewers, pada tanggal 3 September 2024, Buka Dapur Endeus TV X BINUS TV bertema “Spill Ide Bisnis Kuliner Super Gampil” yang berkolaborasi bersama Business Hotel Management BINUS University @Bekasi telah sukses dilaksanakan. Acara yang diselenggarakan di Lab. Kitchen  Jurusan Business Hotel Management BINUS University @Bekasi ini dihadiri oleh 15 peserta yang berasal dari BINUSIAN 2026, 2027, dan 2028.

(Kiri – Kanan) Bapak Dr. Aditya Nova Putra, S.E., B.A., M.Par (Subject Content Coordinator Culinary – Hotel Management) dan Ibu Gratia Aiko Roselyn, S.Tr.Par., M.Par (Lab Officer Business Hotel Management). Selasa, (03/09/2024). Foto: Novita Sari/BINUS TV.

Sesuai dengan tema acara yang bertajuk “Spill Ide Kuliner Bisnis Super Gampil,” acara ini bertujuan untuk nenberikan inspirasi bagi para peserta untuk meningkatkan kepercayaan diri di bidang memasak, terutama bagi peserta yang memiliki keinginan untuk  mengembangkan diri di bidang wirausaha. Para peserta diberikan kesempatan untuk dapat memasak secara langsung bersama Dosen Chef yang berpengalaman dibidangnya, yaitu Bapak Dr. Aditya Nova Putra, S.E., B.A., M.Par (Subject Content Coordinator Culinary – Hotel Management) dan Ibu Gratia Aiko Roselyn, S.Tr.Par., M.Par (Lab Officer Business Hotel Management).

Terdapat dua menu yang dimasak oleh kedua Dosen Chef dan para peserta, yaitu Mushroom Jiggly Pudding dan Chicken Aglio Olio. Para peserta dibagi menjadi empat tim yang berisi masing-masing 3 sampai 4 orang dalam 1 station. Sebelum memasak, semua bahan dan peralatan memasak telah dipersiapkan di atas station peserta.

Ibu Gratia Aiko Roselyn, S.Tr.Par., M.Par sedang memberikan instruksi tahapan memasak Mushroom Jiggly Pudding. Selasa, (03/09/2024). Foto: Novita Sari/BINUS TV.

Mushroom Jiggly Pudding menjadi menu pertama yang dimasak oleh para peserta yang dipandu oleh Ibu Gratia Aiko yang memberikan instruksi setiap tahapan untuk memasak Mushroom Jiggly Pudding. Tahap yang paling awal dilakukan adalah memasukkan dan mencampurkan semua bahan-bahan untuk dijadikan adonan puding. Setelah semua bahan-bahan untuk adonan tercampur, kemudian adonan tersebut diletakkan dicetakan dan dimasukkan kedalam chiller.

Bapak Dr. Aditya Nova Putra, S.E., B.A., M.Par (Subject Content Coordinator Culinary – Hotel Management) memberikan arahan untuk setiap tahapan memasak Chicken Agio Olio, Selasa, (03/09/2024). Foto: Novita Sari/BINUS TV.

Sambil menunggu adonan puding menjadi padat, peserta dipandu oleh Bapak Aditya Nova Putra untuk membuat menu kedua, yaitu Chicken Aglio Olio. Menu ini memang menjadi salah satu menu favorit yang disukai oleh pecinta pasta karena memiliki rasa yang gurih dan pedas. Bapak Aditya menjelaskan tahapan memasak Chicken Aglio Olio, mulai dari proses merebus pasta, memasak daging ayam, hingga yang terakhir adalah tahapan menata pasta di atas piring.

Sambil menata Chicken Aglio Olio, para peserta juga mengeluarkan puding dari dalam chiller, kemudian menatanya di atas piring. Puding yang telah set tersebut kemudian dibuat menjadi bentuk jamur yang lucu dengan tekstur yang “jiggly.” Setelah kedua makanan selesai dibuat dan ditata di atas piring, seluruh peserta diberi kesempatan untuk mencicipi dan merasakan hasil makanan yang mereka buat. Selain itu, peserta juga dipersilahkan untuk membawa pulang masakan hasil karya mereka.

Para peserta sangat antusian mengikuti setiap tahap memasak di Buka Dapur Endeus TV X BINUS TV pada Selasa, 3 September 2024. Foto: Novita Sari/BINUS TV

Seluruh peserta yang hadir dalam acara ini sangat bersemangat mengikuti setiap tahapan memasak. Dalam sesi memasak tersebut, salah satu peserta mengungkapkan bahwa ia sangat senang diberi kesempatan untuk mengikuti acara Buka Dapur Endeus TV X BINUS TV dan berharap akan ada acara-acara Buka Dapur Endeus TV X BINUS TV dengan menu masakan lain yang lebih beragam.

Buka Dapur ini merupakan bagian dari rangkaian acara inspiratif yang rutin diadakan oleh Endeus TV, sebagai bagian dari Springboard. Yang mana, kali ini Buka Dapur berkolaborasi bersama BINUS TV dan Business School Management BINUS University @Bekasi. Melalui Buka Dapur, Endeus TV dan BINUS TV berharap agar acara ini dapat menginspirasi setiap pemasak rumahan dimanapun berada dengan resep-resep praktis yang telah teruji dan mudah diikuti.

Anis Sahara