100% MANUSIA FILM FESTIVAL 2024 KE-8 RESMI DISELENGGARAKAN DI JAKARTA DAN YOGYAKARTA

Pada tanggal 30 Agustus 2024, Festival Film 100% Manusia 2024 Edisi ke-8 resmi dimulai di Jakarta dan Yogyakarta. Tak hanya Jakarta dan Yogyakarta, Festiival Film ini akan menyambangi Kota Bandung pada tanggal 5 September 2024 mendatang. Ada sebanyak 88 film dengan tema Hak Asasi Manusia dari 24 negara yang dapat ditonton di 14 ruang putar secara offline. Terdapat juga 11 program non-film yang dapat diikuti oleh pecinta film selama festival berlangsung. Seluruh pemutaran film dan acara lainnya di Festival Film 100% Manusia 2024 dapat diikuti secara gratis.

Dalam sambutan di acara pembukaan festival,  Kurnia Dwijayanto selaku Direktur Festival 100% Manusia Film Festival menyampaikan tema dari acara ini yang bertajuk Togetherness. Tema ini menjadi harapan bagi khalayak untuk bertemu, bertukar pikiran, berdiskusi, yang nantinya diharapkan dapat membawa perubahan kecil ataupun besar.

Dalam kesempatan yang sama, Francisco de Asis Aguilera Aranda selaku Duta Besar Spanyol untuk Indonesia menyampaikan perasaan bangganya karena dapat berkolaborasi dengan 100% Manusia. Ia berharap festival ini menjadi tempat bagi orang-orang untuk berkumpul dan menyuarakan pendapatnya akan HAM.”

CHINAS” (2023) yang merupakan film yang berhasil meraih nominasi Aktris dan Aktor pendatang Terbaru di Goya Awards 2024, menjadi salah satu film yang ditayangkan di Festival ini. Film yang disutradarai oleh Arantxa Echevarria yang bercerita tentang kehidupan dua gadis kecil dari Tiongkok dengan latar belakang berbeda dan bagaimana mereka beradaptasi dengan tempat tinggalnya.

Nujul Kristantu yang merupakan Ketua Tim Apresiasi dan Literatur Film KEMENDIKBUDRISTEK untuk Indonesia yang turut hadir dalam pembukaan Festival juga menyebutkan bahwa, film pendek adalah salah satu cara bagi generasi muda  untuk menyuarakan aspirasi dan kepedulian terhadap isu kemanusiaan di negara ini. Keberadaan 100% Manusia Film Festival selama 8 tahun telah menjadi wadah penting yang mempertemukan film-film pendek tersebut dengan penontonnya. Hal ini sejalan dengan misi Kemdikburistek mengedukasi bangsa lewat seni budaya, sesuai amanat UU Pemajuan Kebudayaan, di mana film menjadi salah satu objek pemajuan kebudayaan.

Film Indonesia berjudul “Jatuh Cinta Seperti di Film-Film” (2024) karya Yandi Laurens dan dibintangi oleh Ringgo Agus Rahman dan Nirina Zubir, akan diputar dalam program 100% Cinergi. Beberapa hari sebelum pemutaran, tim festival mengadakan sesi briefing dan pelatihan bagi para relawan ‘pembisik’ yang akan membantu teman-teman tunanetra dalam menonton dengan cara membisikkan adegan-adegan dalam film agar semua orang dapat menikmati film yang diputar.

Selain program 100% Cinergi, dalam festival ini terdapat berbagai rangkaian acara menarik lainnya, diantaranya adalah lokakarya tentang kurasi film di festival film berbasis kemanusiaan dalam program “100% DIY: Kurasi Film dan Film Festival” yang akan menghadirkan Chris Belloni dari Belanda yang merupakan Kurator Film sebagai pembicara dalam sesi tersebut yang juga didampingi oleh Meninaputri Wismurti selaku Kepala Program film 100% Manusia Film Festival. Program 100% DIY ini akan berlangsung di Jakarta (Erasmus Huis dan Kineforum) dan Bandung (UPI Bandung), serta dapat dinikmati secara gratis.

17 seniman nantinya akan terlibat dalam kolaborasi antara 100% Manusia Film Festival dengan STIGMA Art Collective di 100% Exhibition: Equality, Diversity, Humanity yang akan memamerkan beragam karya, yakni lukisan, foto, dan puisi yang dapat dilihat mulai daritanggal 31 Agustus hingga 8 September 2024 di Istituto Italiano di Cultura Jakarta. Khusus untuk tanggal 31 Agustus jam 14.00 WIB, terdapat acara pembukaan pameran serta diskusi bersama dengan para seniman yang terlibat.

Sementara itu pada tanggal  1 hingga 8 September 2024,  Pameran karya Alam Taslimdi  yang bertajuk 100% Exhibition: Meriung Meriang akan diselenggarakan di Gedung KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) Kuningan Persada. Tak ketinggalan, program 100% Heart to Heart: Online Venting Session yang akan kembali hadir sebagai wadah penghubung bagi khalayak umum yang awam akan kesehatan mental untuk ‘curhat’ secara online ke para relawan Psikolog yang berpartisipasi.

Festival Film 100% Manusia 2024 di Jakarta akan berlangsung mulai dari tanggal 30 Agustus hingga 8 September 2024 di Jakarta, Yogyakarta, dan Bandung. Tiket pemutaran bisa didapatkan secara gratis dengan datang langsung satu jam sebelum pemutaran ke tempat pemutaran film.

Anis Sahara