Para Alumni BINUS University Bagikan Pengalaman Sukses Berkarir di Digital Content dalam Sesi Talkshow BINUS TV di Acara Globaliciuous

Pada tanggal 24 Agustus 2024, BINUS University kembali menyelenggarakan acara yang bertajuk “Globalicious.” Acara yang telah diselenggarakan setiap tahun ini merupakan penyambutan bagi siswa-siswi SMA dan sederajat untuk dapat memahami tentang program studi di BINUS University. Globalicious memiliki berbagai rangkaian acara menarik, diantaranya Launching Beasiswa, Talkshow, Trial Class, Bazar dan Booth, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Globalicious juga memberikan kesempatan bagi siswa-siswi untuk merasakan langsung fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh setiap program studi di BINUS University.  Salah satu fasilitas dari program studi yang ditawarkan dari BINUS University adalah BINUS TV. Dimana selain sebagai Digital Content Creator kampus pertama di Indonesia, BINUS TV juga memiliki fungsi utama sebagai Laboratory Practicum pada jurusan Mass Communication BINUS University. Hal ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan pengalaman bagi para mahasiswa seputar dunia Broadcasting dan Digital Content.

Dalam salah satu sesi acara Globalicious, BINUS TV  juga mempersembahkan sesi Talkshow bertema “How to be Digital Content Creator” yang diadakan di Auditorium Kampus BINUS Anggrek, Kemanggisan. Talkshow ini mendatangkan para Alumni BINUS University yang telah sukses berprofesi sebagai Content Creator, diantaranya Sasha Pangerang sebagai Moderator, serta Zilvia Iskandar dan Sahil Mulachela sebagai Narasumber.

Para Narasumber memaparkan berbagai pengalaman, strategi, serta tips-tips terkait profesinya sebagai Content Creator, mulai dari di masa perkuliahan selama di BINUS University, hingga memutuskan untuk menekuni profesi sebagai Content Creator. Hal ini diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi para siswa-siswi, terlebih bagi mereka yang tertarik di dunia Digital Content dan menjadikan Content Creator sebagai pilihan untuk berkarir di masa depan.

Sebagai Moderator dalam sesi Talkshow ini, Sasha Pangerang yang merupakan alumni BINUS University jurusan Mass Communication, telah memiliki berbagai pengalaman di dunia Broadcasting dan Voice Talent, salah satunya pernah berkarir sebagai Creative Production dan Voice Talent di NET Media pada tahun 2012. Selain itu, hingga kini Sasha Pangerang berprofesi sebagai Creative Director di VA (Vidi Aldiano) Records  yang telah digelutinya sejak tahun 2020.

Zilvia Iskandar, sebagai salah satu Narasumber dalam sesi Talkshow ini, juga tak ketinggalan membagikan pengalamannya di dunia Broadcasting. Zilvia mengawali karir jurnalistiknya di Metro TV sejak tahun 2012 yang terjun di berbagai peliputan, hingga berhasil didapuk menjadi seorang Presenter di berbagai program acara di Metro TV.

Tak hanya sukses berkarir di bidang Broadcasting dan Jurnalistik, sebagai seorang alumni BINUS University, Zilvia Iskandar juga berprestasi di bidang pendidikan.  Ia berhasil meyandang lulusan terbaik BINUS University tahun 2012 dari jurusan Sastra Inggris dengan predikat summa cum laude. Tak sampai disitu, Zilvia Iskandar juga aktif berorganisasi selama masa perkuliahan di BINUS University. Bakatnya di dunia Jurnalistik, ternyata telah ada sejak ia masih duduk di bangku perkuliahan. Hal ini dibuktikan dengan selama 2 tahun, ia telah aktif menjadi salah satu Presenter di BINUS TV.

Keseriusannya di dunia Jurnalistik berhasil mengantarkannya menjadi Presenter Berita terbaik pada Ajang Anugerah Komisi Penyiaran Indonesia (2017). Namanya juga berhasil masuk ke berbagai deretan nominasi dalam ajang penghargaan bergengsi di bidang pertelevisian.

Zilvia Iskandar (Content Creator / News Presenter Metro TV), Sabtu, (24/08/2024). Foto: David Tedja/BINUS TV.

Zilvia Iskandar (Content Creator / News Presenter Metro TV), Sabtu, (24/08/2024). Foto: David Tedja/BINUS TV.

“Masa-masa kuliah adalah masa yang paling bebas untuk explore. Aku ngerasa seru banget karena di masa sekolah banyak ikut kegiatan. Karena bekal dari kuliah, jadi tidak kaget masuk ke dunia kerja.” Ungkap Zilvia Iskandar saat menjawab pertanyaan terkait peran kuliah di BINUS University dalam menjalani karir sampai saat ini.

Zilvia juga menambahkan “Yang paling diingat dari BINUS adalah, BINUS sangat sportif untuk mendorong mahasiswanya ikut kegiatan kemahasiswaan. Jadi semua kegiatan yang aku ikuti seluruh pekerjaannya have fun. Walaupun orang tua dulu khawatir dengan apa yang kita lakukan saat kita sibuk. Tapi belajar itu bukan hanyak di dalam kelas. Tempat kita di kegiatan kampus dan di luar kampus juga merupakan ruang belajar kita. Karena belajar bukan hanya untuk nilai, tapi untuk memahami yang nantinya dapat kamu bagikan ke orang-orang. Contohnya sebagai Jurnalis, kita bukan hanya memantau dari tempat di lokasi kantor, tapi dari social media, dari networking, dan harus selalu update.”

Narasumber lainnya yang dihadirkan adalah Sahil Mulachela yang merupakan alumni BINUS University Jurusan Komputerisasi Akuntansi yang kini berprofesi sebagai seorang Penyiar Radio sekaligus TikToker hits. Sahil Mulachela memulai karirnya sebagai seorang Penyiar Radio sejak tahun 2007. Sejak masa kuliah, ia telah tertarik di dunia penyiaran dan aktif menjadi salah satu Penyiar di radio BINUS University, yaitu BVOICE Radio. Selain itu, ia juga menjadi Penyiar di berbagai stasiun radio di Indonesia, sebelum akhirnya ia menjadi Presenter Talkshow di Jak TV dan Penyiar di 101 Jak FM yang ia geluti hingga saat ini.

Sosok Sahil Mulachela mulai dikenal dari konten-konten komedinya yang sangat menghibur di media sosial. Dalam konten-konten yang dibuat, ia kerap kali mengajak sang istri dan anaknya, dimana konten-konten tersebut dianggap terasa relate bagi warganet. Tak heran, ia banyak menuai pujian dan komentar positif dari para pengikutnya, terutama di platform TikTok.

Sahil Mulachela (Content Creator / Penyiar Radio), Sabtu, (24/08/2024). Foto: David Tedja/BINUS TV.

Sahil juga membagikan pengalamannya sebelum menjadi Content Creator dan Penyiar Radio seperti saat ini,  iang mengungkapkan “Bicara soal Content Creator, sebenarnya bukan hal yang disengaja. Awalnya membuat konten saat pandemi, akhirnya diterusin. Aku memang suka mencoba hal baru. Bahkan awalnya aku tidak suka dunia radio. Malah aku akhirnya ikut radio dan menemukan perasaan sukanya. Dulu juga mencoba MC pertama kali di acara BINUS. Lalu mencoba stand up comedy. Lalu jadi Content Creating dan pengajar. Bersyukur masuk ke BINUS karena memiliki banyak fasilitas untuk mengasah kemampuan kita. Walaupun IPKku tidak tinggi, namun aku bangga karena aku bisa melakukan pekerjaan sekarang karena semua kegiatan yang aku lakukan di BINUS.”

“Tantangan paling besar adalah dunia kamu sendiri. Dulu belajar untuk mencari nilai. Waktu lulus kuliah, kita harus mencari nilai buat diri kita sendiri. Jadi kita akan naikin value diri kita. Karena saat di dunia kerja, temen-temen tidak bisa hanya punya satu hard skill, tapi teman-teman harus punya soft skill. Karena dunia luar sudah sangat berkembang. Bahkan di luar sana akan ada orang yang serba bisa. Jadi kalau temen-temen tidak mengikuti jaman, maka akan tergilas.” Ungkap Sahil saat ditanya oleh Sasha terkait tantangan terbesar di profesinya saat ini dan bagaimana mengatasi tantangan tersebut.

Zilvia juga menambahkan, “Tantangannya adalah untuk membiasakan diri dengan perubahan. Sebetulnya aku tidak suka dengan dunia Politik, karena aku malas nonton berita dan politik. Namun, Jurnalis harus belajar semua, dari yang kita tidak suka sampai yang kita suka. Tapi waktu di pelatihan, aku diminta untuk pilih mau jurusan apa. Sebenernya saat itu tidak ada yang aku suka dan aku bingung. Tapi aku berpiikir kalau aku mau maju, aku harus pilih politik. Meskipun aku ngga suka, tapi jika aku mau sukses di Jurnalis, aku harus melawan rasa takut aku. Tidak semua yang tidak nyaman, harus kita hindari. Kita harus mencoba dan nanti kita akan nyaman. Contohnya aku tidak suka politik, tapi sekarang aku jadi suka politik.”

Sesi Talkshow berjalan dengan seru dan semua siswa-siswi sangat tertarik dengan pengalaman-pengalaman yang dijabarkan oleh semua Narasumber. Di akhir sesi Talkshow, Sasha Pangerang memberikan kesimpulan sekaligus pesan untuk siswa-siswi yang hadir, ia mengungkapkan, “Kita tidak boleh takut dengan hal baru. Kita jangan takut mencoba. Jika kita mau mendapatkan hal positif, maka kita juga harus memberikan hal positif. Jadi, ketika kalian menentukan untuk belajar di BINUS, pilihlah Jurusan dan Kegiatan-kegiatan yang kalian sukai, karena pilihan itu akan menentukan masa depan kita di dunia pekerjaan.”

Sesi Talkshow yang mendatangkan para Alumni BINUS University ini nyatanya memang tak hanya sukses dalam hal pendidikan, namun juga berhasil meraih kesuksesan dalam profesinya sebagai Digital Content maupun di bidang Broadcasting. Walaupun di masa perkuliahan mereka memiliki kesibukan dari organisasi maupun kegiatan lainnya, mereka berhasil menjalani akademik dan profesi secara seimbang.

Hal ini diharapkan dapat memberikan semangat baru bagi para siswa-siswi untuk menggali potensi dan bakat dalam diri mereka. Selain itu, siswa-siswi diharapkan mendapat inspirasi dari para Narasumber yang dapat menjalankan hobi sekaligus pendidikan yang sukses berjalan beriringan. Sehingga hal ini nantinya dapat memberikan gambaran bagi siswa-siswi  tentang rencana pendidikan dan profesi mereka di masa depan.

read more

GLOBALICIOUS adalah sebuah acara tahunan yang diselenggarakan oleh BINUS University untuk menyambut siswa-siswa SMA dan sederajat. Acara ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa-siswa tersebut untuk lebih memahami program studi yang ditawarkan oleh BINUS University, serta merasakan langsung fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh setiap program studi di BINUS University.

BINUS TV merupakan Digital Content Creator Kampus pertama di Indonesia sekaligus  media televisi berbasis streaming dari Bina Nusantara (BINUS) Group. BINUS TV telah memproduksi ribuan konten menarik dengan kualitas penyiaran berbasis teknologi High Definition  (HD) yang ditayangkan melalui  YouTube Channel  BINUS TV dan website (www.binus.tv). Seluruh konten yang diproduksi oleh BINUS TV merupakan kreasi dari anak-anak muda yang memiliki kreatifitas, semangat, komitmen, serta didukung oleh peralatan dan teknologi yang memadai.

 

Untuk informasi tambahan, hubungi:

 

marketing@binus.tv

Gedung R Lt. 3 Kampus BINUS Syahdan

Jl. K.H. Syahdan No. 9 Palmerah, Jakarta Barat 11480.

Mobile: +62 812-1153-2323

Phone: +6221534 5830 ext. 2353

 

Atau di laman Social Media kami:

 

Youtube                 : BinusTV Channel

Homepage             : www.binus.tv

TikTok                     : @BINUS.TV

Facebook               : BINUS TV

Twitter                    : @binustv

Instagram              : @binustv

Anis Sahara