Berbagai Kreasi Rice Paper, Si Tipis Rendah Kalori

Smart Viewers pernah nggak sih lihat di media sosial, tutorial memasak yang menggunakan Rice Paper? Bahan makanan yang tipis ini rupanya sangat lezat bila dikreasikan untuk berbagai olahan makanan, loh! Bagi kamu yang belum tahu, Rice paper adalah sejenis kertas yang terbuat dari bahan yang berasal dari tanaman beras Asia atau tanaman lain seperti murbei atau rami. Rice paper umumnya berbentuk lembaran yang tipis dan berwarna transparan. Dalam kuliner, Rice Paper sering digunakan untuk membungkus makanan yang berisi berbagai isian.

Selain memiliki rasa yang unik dan enak, Rice Paper dapat menjadi alternatif bahan makanan yang rendah kalori. Rice paper sendiri biasanya dijual dalam keadaan kering yang dapat disimpan di suhu ruang dalam jangka waktu panjang. Untuk menggunakannya, produk makanan ini harus dioles atau direndam sebentar dengan air, baru kemudian ia akan melunak. 

Walaupun cara penggunaan Rice Paper yang terbilang mudah, kita tetap bisa mengolah Rice Paper hingga menjadi berbagai hidangan yang lezat, loh! kali ini BINUS TV akan berbagi 5 kreasi olahan Rice Paper yang simpel dan pastinya enak.

  1. Vietnamese Spring Roll Rice Paper

Spring Roll khas Vietnam biasanya menggunakan Rice Paper atau yang kerap dikenal dengan nama Banh Trang, sebagai pembungkusnya. Isiannya terdiri dari potongan sayuran segar, rempah daun aromatik, dan potongan protein hewani sesuai selera yang telah dimasak. Seperti banyak makanan Vietnam lainnya, Vietnamese Spring Roll Rice Paper ini sehat dan lezat. 

Langkah membuat Vietnamese Spring Roll Rice Paper ini sangat mudah. Kamu dapat merendam Rice Paper kedalam air hingga tekstur Rice Paper melunak, lalu masukkan bahan-bahan kedalam Rice Paper yang sudah melunak, kemudian lipat hingga bahan-bahan terbungkus rapi. Dalam penyajiannya, hidangan ini seringkali didampingi oleh saus kacang atau saus kecap asin sebagai cocolan-nya.

  1. Crispy Dumpling Rice Paper

Dumpling adalah cara yang efisien untuk memanfaatkan sisa bahan dan menciptakan hidangan yang memuaskan. Dumpling dapat dibuat dengan berbagai isian, sehingga siapapun yang ingin memasak untuk menjadi kreatif dan berdaya guna.

Dan bahan-bahannyapun sangat mudah ditemui di dapur, diantaranya Rice Paper sebagai bahan utama untuk membungkus isian Dumpling, brokoli, wortel, daun bawang, bawang bombay, kubis, jahe, bawang putih, dan satu balok tahu.

Lalu langkah yang sangat penting untuk membuat Crispy Dumpling Rice Paper, yaitu menggoreng Dumpling di setiap sisi hingga renyah, kemudian balikkan dengan hati-hati di tengah waktu memasak.

  1. Omelet Rice Paper

Nah, yang satu ini merupakan menu yang paling mudah untuk dibuat di rumah. Bahan dasar membuat Omelet Rice Paper ini adalah telur, dan bisa menambahkan bahan lain sesuai selera kamu.

Cara memasak Omelet Rice Paper ini sama seperti cara memasak Omelet pada umumnya. Tapi, sebelum menuangkan telur yang sudah dicampur dengan bahan yang kamu suka, letakkan Rice paper lalu tuangkan telur yang sudah tercampur,  jika sudah matang Omelet bisa dilipat sesuai selera kamu.

  1. Tteokbokki Rice Paper

Tteokbokki bukan suatu hidangan baru bagi masyarakat Korea. Tteokbokki merupakan jenis makanan nostalgia yang membawa kembali kenangan lama. Tteokbokki adalah hidangan Korea berupa tepung beras yang dimasak dalam bumbu gochujang yang pedas dan manis.

Walaupun bahan utama membuat Tteokbokki adalah tepung beras, namun bisa diganti dengan menggunakan Rice Paper, loh! Caranya adalah dengan merendam Rice Paper dengan air kemudian menggulung Rice paper hingga menjadi panjang. Selnjutnya, potong Rice Paper hingga berbentuk menjadi Tteokbokki. Yang terakhir adalah memasak Rice Paper yang sudah di bentuk seperti Tteokbokki dengan saus Gochujang yang kalian suka.

  1.     Choi Pan Rice Paper

Choi Pan merupakan hidangan Tionghoa yang dikenal di beberapa daerah seperti Bangka-Belitung dan Kalimantan Barat. Choi Pan merupakan istilah bahasa Hakka yang berarti “kue yang berisi sayuran”. Nah, supaya lebih mudah membuat Choi Pan, kamu tidak perlu membuat kulitnya lagi, nih. Kamu hanya perlu mengganti kulit Choi Pan dengan menggunakan Rice Paper.

Bahan dasar untuk membuat isian Choipan, yaitu bengkuang, bawang putih, dan Ebi cincang. Dan untuk membuat cocolannya dibutuhkan cabai rawit, cabai keriting, saus sambal, dan bawah putih.

Langkah pembuatan isian Choi Pan, yaitu dengan cara menumis bengkuang yang sudah dicincang, bawang putih yang sudah dicincang, dan Ebi cincang, kemudian campur bahan-bahan tadi hingga tercampur merata, dan tambahkan bumbu penyedap sesuai selera. Selanjutnya, bungkus isian Choipan yang sudah dimasak tadi ke dalam Rice Paper yang sudah melunak.

Smart Viewers, kira-kira kreasi Rice Paper apa nih yang ingin kalian coba? Atau kamu masih ingin tahu kreasi Rice Paper yang lain? Kamu bisa mencoba untuk kreasi Samyang Noodle Rice Paper juga, loh! Bahan-bahan dan step memasaknya bisa kamu saksikan dengan menonton program BINUS TV bertajuk “Weekend Dish” pada episode “Resep Samyang Noodle Rice Paper” pada link video di bawah ini, ya!

Aprilya Nureka